Rabu, 22 April 2015

Pria ini sumbangkan batu pancawarna untuk sovenir KAA

Jabar – Ketua Koperasi Pengrajin Batu Akik Lasminingrat, Yudi Nugraha, berniat memberikan batu akik Pancawarna Edong senilai ratusan juta rupiah kepada peserta Konferensi Asia Afrika (KAA). Pemberian batu akik ini dilakukan secara cuma-cuma alias gratis.

Batu akik jenis ini merupakan batu akik Garut legendaris, selain ijo Ohen. Batu akik yang akan disumbangkannya ini ditemukan Ki Edong dalam sebuah penggalian di kawasan Bungbulang. “Demi nama baik negara dan bangsa, batu aki ini saya berikan secara gratis,” katanya, Minggu (5/4/2015).

Aksi ini dilakukan Yudi karena kecewa dengan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, akan menjadikan batu akik Baturaja sebagai cinderamata untuk peserta KAA. Padahal Garut yang tak jauh dari Kota Bandung memiliki aneka jenis batu akik yang telah mendunia.

Batu Pancawarna Garut berwarna biru itu memiliki lima warna serasi nan indah yang menggambarkan bhineka tunggal ika. “Makanya saya mau sumbangkan, silakan. Jadi kenapa mesti memakai batu dari tempat lain? Batu Garut sudah keluarga kerajaan Inggris, dan telah mendunia,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar